7 Film Mandarin Pengisi Liburan Imlek

Merah, angpao, lampion, dan kue keranjang, itulah kata-kata yang selalu identik dengan Tahun Baru Imlek. Tapi kurang lengkap rasanya jika melewati Imlek tahun ini tanpa menonton film-film Mandarin. Dan bila Anda bukan penggemar film-film Mandarin, bisa jadi ini saat yang tepat untuk mulai mencoba menikmati film produksi Asia yang tak kalah juga dengan industri film Hollywood ini. Berminat? Di bawah ini ada sepuluh film yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda untuk mengisi liburan Imlek kali ini.




1. THE TREASURE HUNTER

[imagetag]
Dikisahkan kalau di sebuah gurun yang terletak di barat laut tersimpan harta karun yang tak ternilai harganya. Benar atau tidak, nyatanya ada sekelompok orang yang meyakini kalau harta karun ini benar-benar ada dan berusaha mendapatkannya dengan cara apapun. Dan ternyata di sisi lain ada juga sekelompok orang yang melindungi peta menuju tempat penyimpanan harta ini bahkan kalau itu artinya harus mengorbankan nyawa mereka. Ciao Fei (Jay Chou) yang terjebak di tengah perebutan harta ini mau tak mau harus ikut berburu harta hanya karena ingin menyelamatkan putri gurunya. Diramu oleh empat penulis naskah, film ini dijagokan untuk menghibur fans berat Indiana Jones di Asia.
2. BODYGUARDS AND ASSASSINS
[imagetag]

Untuk mewujudkan mimpi memang tidak selalu mudah. Apalagi jika mimpi yang ada di dalam benak bertentangan dengan keinginan sang penguasa. Bila tak ingin mimpi-mimpi itu sirna, boleh jadi jiwa adalah sesuatu yang pantas dipertaruhkan. Dan adalah Dr. Sun Yat-Sen, pelopor China modern, orang yang rela mengorbankan jiwanya untuk sebuah perubahan yang tak diinginkan dinasti Ching yang sedang berkuasa. Hebatnya, mimpi-mimpi pria hebat ini mampu menumbuhkan keberanian di hati Gambler (Donnie Yen), Tycoon (Xueqi Wang), Beggar (Leon Lai), Revolutionary (Tony Leung Ka Fai), dan Richshaw Man (Nicholas Tse), orang-orang yang rela mati demi terwujudnya mimpi Dr. Sun Yat-Sen.
3. RED CLIFF II
Kisah tentang tiga kerajaan di daratan China memang kisah epik yang tak akan pernah terlupakan. Kisah yang sama juga telah mengilhami sejumlah orang untuk menghasilkan karya indah seperti RED CLIFF II ini. Kisah perebutan kekuasan di antara tiga kerajaan besar yang berkuasa di China ini memang didasarkan pada fakta sejarah namun tentu saja sutradara John Woo dan dua penulis naskah film ini tidak bisa begitu saja menuangkan fakta itu ke layar perak. Harus ada karakter yang menjalin fakta ini menjadi sebuah kisah yang layak ditonton. Hasilnya, bisa dibilang epik yang satu ini adalah penanda awal kebangkitan sinema Asia sekaligus menandai kembalinya John Woo ke dunia perfilman Asia.
4. IP MAN
Walaupun masih tetap ada bumbu pertarungan dengan menggunakan beladiri Wing Chun namun film berjudul IP MAN ini sebenarnya lebih berbicara soal nasionalisme. Ip Man (Donnie Yen) memang tidak sepopuler Bruce Lee meskipun fakta menyebutkan bahwa orang ini sempat menjadi guru beladiri Bruce Lee sebelum ia populer sebagai bintang film. Kisahnya sendiri diolah seputar kedatangan Jepang ke China untuk menjajah negeri yang luas ini. Ip Man yang punya nasionalisme tinggi menolak mengajarkan Wing Chun pada tentara Jepang dan sebagai konsekuensinya ia harus menjadi buronan tentara Jepang. Menyebutnya biografi mungkin memang kurang tepat karena IP MAN ini sendiri tidak sepenuhnya berlandaskan pada fakta sejarah yang terjadi saat itu.

5. BUTTERFLY LOVERS
Tak salah jika orang menyebut kisah BUTTERFLY LOVERS ini setara dengan kisah Romeo dan Juliet. Dibuat berdasarkan kisah klasik China, diceritakan bahwa Liang Shanbo (Wu Chun) ditugaskan gurunya untuk mengawal Zhu Yingtai (Charlene Choi) pulang kembali ke rumahnya. Liang tak pernah tahu kalau Zhu sebenarnya adalah seorang wanita dan saat rahasia ini terbongkar, asmara pun tak bisa lagi dibendung. Masalahnya, Zhu sebenarnya sudah dijodohkan dengan Jenderal Ma (Hu Ge) dan tiba saatnya membuktikan bahwa hanya cinta sejati saja yang sanggup bertahan melampaui batasan kehidupan yang fana ini. Jingle Ma Chor-Sing sebagai sutradara pun tak berusaha menutupi bahwa BUTTERFLY LOVERS ini memang kisah romantis dan mengobral efek soft focus untuk membuat suasana jadi makin romantis.
6. THE FORBIDDEN KINGDOM
Bagaimana jadinya menyatukan dua nama besar dalam film silat Hong Kong dalam satu film? Ya, film ini memang mempertemukan Jet Li dan Jackie Chan, sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya. Filmnya sendiri berkisah tentang perjalanan seorang anak muda ke masa lalu untuk membebaskan Kera Sakti yang diperankan oleh Jet Li. Perjalanan ini memang tidak mudah namun pemuda yang terpilih ini mendapatkan bantuan dari Pendekar Mabuk (Jackie Chan) dan Golden Sparrow (Liu Yifei). Soal film ini sendiri, Jackie Chan berkomentar bahwa film ini adalah pertama kalinya ia bisa melakukan adegan tarung dengan baik tanpa harus mengulang-ulang adegan berkali-kali. Jelas, keduanya sama-sama punya latar belakang beladiri.

7. THREE KINGDOMS: RESURRECTION OF THE DRAGON
Satu lagi film yang mengambil latar belakang tiga kerajaan kuno di China dan mengolahnya menjadi sebuah film epik yang menarik. Kali ini kisah berpusat pada Zhao Zilong (Andy Lau), seorang pemuda desa dengan cita-cita besar. Zhao kemudian bergabung dengan militer dengan satu tujuan mulia, mempersatukan seluruh negeri yang saat itu terpecah menjadi kerajaan Wei, Shu, dan Wu. Dalam waktu singkat Zhao yang berhati tulus mendapat kepercayaan menjadi salah satu jenderal. Bertahun sudah Zhao bertempur demi bersatunya seluruh negeri namun cita-cita itu tak juga terlaksana. Memang ada yang sempat berkomentar soal keotentikan film ini namun terlepas dari desain baju zirah Zhao yang katanya mirip baju perang pada ksatria Jepang, Andy Lau, Sammo Hung, dan Maggie Q bermain cemerlang dalam film ini.
http://www.kapanlagi.com/film/internasional/10-film-mandarin-pengisi-liburan-imlek_print.html
[imagetag]

Andy Alfian Nurdin 23 Jan, 2012

Sparks 23 Jan, 2012


-
Source: http://unik-asik-aneh.blogspot.com/2012/01/7-film-mandarin-pengisi-liburan-imlek_23.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com