Pencipta Logo Daur Ulang (recycling)

[imagetag]

Gary Dean Anderson lah pencipta logo daur ulang (recycling) yang kemudian diakui dan berlaku secara internasional. Lambang daur ulang desain Gary Dean Anderson memenangi kompetisi desain logo yang diselenggarakan oleh Container Coorporation of America, sebuah perusahaan kertas kardus, pada tahun 1970, menyisihkan 500 kontestan lainnya. Kompetisi ini juga sebagai bagian dari peringatan Earth Day (Hari Bumi) pertama.

Saat mengikuti kompetisi simbol daur ulang ini, Gary Dean Anderson berusia 23 tahun dan tercatat sebagai mahasiswa arsitektur University of Sothern California. Pemuda ini mendapatkan hadiah beasiswa sebesar US $ 2.500.

Gary Dean Anderson dilahirkan di Honolulu, Hawai tahun 1947 dan besar di North Vegas, Nevada. Tahun 1970 lulus sebagai sarjana Arsitektur dengan predikat magna cum laude dan diikuti dengan gelar Master Desain Urban di universitas yang sama setahun kemudian. Dengan berbekal hadiah beasiswa yang diperolehnya, Gary kembali kuliah di Univesity of Stockholm (Swedia) program Ilmu Sosial yang mempelajari hubungan interaksi sosial dengan ruang fisik.

[imagetag]

Garry Dean Anderson, pencipta logo daur ulang


ini gambar pertamanya gan

[imagetag]

Penciptaan logo (simbol) daur ulang tidak terlepas dari kehidupan keseharian Gary Dean Anderson. Gary lahir dari keluarga biasa yang hidup saat krisis ekonomi melanda pada tahun 1950-an. Ibunya Gary terbiasa menggunakan koran, kertas bekas atau plastik belanjaan untuk digunakan kembali, ayahnya juga memperbaiki furniture lama tanpa membeli yang baru, serta hal-hal lainnya yang berkenaan dengan mendaur-ulang (recycle) baran-gbarang rumah tangga. Walaupun mereka melakukannya lebih karena motif ekonomi.

[imagetag]

Gary sebagai pencipta simbol (logo) daur ulang terinspirasi oleh bentuk lajur Mobius (∞). Lajur Mobius adalah bentuk yang diciptakan oleh seorang ahli matematika dan astronom Jerman bernama Agustus Ferdinand Mobius. Bentuk Mobius tersebut juga digunakan sebagai simbol pada bidang matematika yang melambangkan infinity (ketidak-berhinggaan). Gary juga terinspirasi oleh karya grafis karya seniman Belanda M.C. Escher yang menggunakan pola lajur Mobius pada karya gambar ilusinya.

[imagetag]
So, ternyata logo daur ulang (recycling) mempunyai sejarah yang patut kita ketahui. Lambang yang digunakan secara internasional itu lahir dari sosok orang yang terbiasa melakukan 3R juga. Dialah Garry Dean Anderson.
[imagetag]

Fazar Ikhwan Guntara 28 Jan, 2012

Sparks 28 Jan, 2012


-
Source: http://unik-asik-aneh.blogspot.com/2012/01/pencipta-logo-daur-ulang-recycling.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com