Teror Kera di Sidoarjo

Quote:

[imagetag]
Meski seekor kera yang diduga sebagai penyerang telah ditangkap namun ternyata tetap saja masih ada warga yang dilarikan ke rumah sakit dengan alasan diserang kera.

Banyaknya korban gigitan dan cakaran yang dilakukan kera di wilayah Kecamatan Taman, Sidoarjo itu kontan meresahkan masyarakat. Karena itu untuk wilayah Sidoarjo sudah layak dikategorikan KLB (Kejadian Luar Biasa).

Wakil Direktur Rumah Sakit Siti Khodijah Taman Sepanjang, Sidoarjo menjelaskan, dengan kategori KLB itu, pihaknya meminta kepada instansi pemerintahan Pemkab Sidoarjo bertindak.

"Karena korban luka semakin banyak. Kera meneror, meresahkan dan mengkwatirkan orang. Makanya bisa dikategorikan KLB," kata dr Muhammad Yusuf Wibisono ketika dihubungi detikSurabaya.com melalui ponselnya, Senin (13/2/2012) malam.

Walaupun KLB itu seharusnya yang menetapkan Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo,dr Muhammad Yusuf Wibisono menilai kejadian penyerangan kera itu memang harus serius mendapatkan perhatian dari pemerintah.

Yusuf juga menjelaskan, apalagi yang menjadi korban rata-rata adalah dari kalangan orang tidak mampu. "Kebanyakan data yang masuk RS. Siti Khodijah adalah orang miskin. Dan biaya perawatannya tidak sedikit, minimal adalah sekitar 200 ribu rupiah," terangnya.

Meski sejauh ini memang belum ada laporan yang masuk kena gejala rabies, Yusuf menjelaskan kembali, namun akibat dari gigitan ataupun cakaran dari kera yang selama ini telah meresahkan warga.

Karena, masa inkubasi virus itu selama 10 hingga 15 hari dari sejak gigitan. "Kebetulan ada salah seorang pekerja saya bernama Akiyat menjadi korban gigitan kera. Setelah saya periksa berulangkali bersama dokter Instalasi Rawat Darurat, masih aman dari rabies," ucapnya.

Next / sumber :

ngakakbarenggw23 15 Feb, 2012

Mr. X 15 Feb, 2012


-
Source: http://andinewsonline.blogspot.com/2012/02/teror-kera-di-sidoarjo.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com